Multitasking: Penjelasan Lengkap

Multitasking: Penjelasan Lengkap

Multitasking tentunya sudah tidak asing lagi di dunia pekerjaan, dimana kata tersebut tidak pernah lepas dari produktivitas dalam pekerjaan. Saat ini, multitasking telah menjadi salah satu skill yang harus dimiliki pada saat bekerja karena dipercaya bisa membuat para pekerja menjadi lebih produktif dalam melakukan pekerjaannya di kantor.

Apa Itu Multitasking?

Multitasking merupakan suatu kemampuan dimana Anda bisa melakukan dua pekerjaan atau lebih secara sekaligus. Pekerjaan tersebut bisa dilakukan secara bersamaan atau bisa juga berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lainnya. Sebenarnya, perpindahan dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain bisa juga disebut sebagai task switching yang memiliki arti sama dengan multitasking.

Teknik ini dipercaya bisa meningkatkan produktivitas, namun disamping itu juga memiliki banyak kelebihan dan kekurangan pada teknik ini.

Kelebihan Multitasking

  1. Pekerjaan Lebih Cepat Selesai

Kelebihan yang pertama adalah pekerjaan Anda bisa selesai dengan waktu yang lebih cepat. Hal tersebut bisa terjadi karena Anda dapat mengerjakan dua pekerjaan yang berbeda di satu waktu yang bersamaan.

  1. Menghemat Waktu

Karena Anda bisa mengerjakan dua pekerjaan sekaligus dalam waktu yang bersamaan, maka Anda juga akan bisa menghemat waktu dan Anda bisa langsung melakukan kegiatan yang lain setelah pekerjaan sebelumnya selesai.

Kekurangan Multitasking

  1. Menurunkan Performa dan Produktivitas

Kekurangan yang pertama dari multitasking adalah adanya kemungkinan menurunnya performa dan produktivitas Anda. Hal tersebut terjadi karena konsentrasi dan fokus Anda yang akan terpecah saat mengerjakan dua pekerjaan sekaligus.

Konsentrasi dan fokus yang terpecah juga akan menjadikan performa Anda semakin menurun. Selain itu, peluang Anda untuk membuat kesalahan jauh lebih besar dan bisa berdampak pada Anda yang harus mengulang pekerjaan dari awal.

  1. Dapat Berakibat Buruk pada Tubuh
Baca Juga:  Gaslighting Dan Cara Mengatasinya

Jika Anda merupakan salah satu orang yang sering melakukan multitasking, maka Anda juga harus berhati-hati dan tetap memperhatikan kesehatan.Hal ini penting karena multitasking bisa memberikan dampak yang buruk, sebagai berikut :

  • Dapat Memicu Stress

Orang yang sering melakukan multitasking cenderung akan mudah merasa cemas dan terlihat lebih stress. Hal ini, dapat mengakibatkan hasil pekerjaan Anda menjadi kurang baik atau bahkan tidak selesai pada waktu yang telah ditentukan.

  • Mengganggu Daya Ingat

Mengerjakan dua pekerjaan atau lebih dalam satu waktu membuat Anda lebih mudah untuk kehilangan daya ingat. Hal ini bisa terjadi karena Anda tidak dapat memperhatikan dengan detail mengenai hal-hal penting dari pekerjaan yang Anda lakukan.

  • Menurunkan Kreativitas

Dengan melakukan multitasking, otak juga akan bekerja secara lebih berat. Oleh karena itu ada kemungkinan kondisi tersebut berdampak pada menurunnya kemampuan Anda dalam berpikir kreatif. Multitasking akan kurang sesuai dengan Anda yang membutuhkan kreativitas dalam pekerjaan yang dilakukan.

Tips dan Trik

Ternyata ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan jika ingin melakukan multitasking. Berikut adalah tips dan triknya :

  1. Pilih Pekerjaan yang Mirip

Dalam sebuah pekerjaan pastinya ada tugas yang mirip atau memiliki proses pengerjaan yang hampir sama. Anda bisa memilih pekerjaan tersebut, sehingga Anda bisa menerapkan multitasking namun konsentrasi Anda juga tidak terpecah karena pekerjaan yang dilakukan masih memiliki cara pengerjaan yang sejalan.

  1. Selalu Evaluasi Hasil Kerja

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu kekurangan dari multitasking adalah hasil dari pekerjaan Anda yang bisa saja menurun karena fokus yang terbagi. Hal tersebut kemudian bisa Anda hindari dengan cara melakukan pengecekan atau memeriksa kembali hasil pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada atasan. Namun proses ini tentunya tidak memakan waktu yang sedikit.

  1. Gunakan To do List
Baca Juga:  Trust Issue: Ciri-Ciri, Penyebab, dan Cara Mengatasinya!

Tips selanjutnya, Anda bisa menggunakan to do list atau membuat daftar pekerjaan yang akan Anda lakukan. Dengan begitu, Anda bisa mengidentifikasi mana pekerjaan yang memiliki alur yang mirip. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah dalam membuat jadwal waktu kerja sehingga bisa melakukan multitasking.

  1. Hindari Berbagai Bentuk Distraksi

Salah satu hal yang bisa mengalihkan fokus dalam bekerja adalah distraksi. Tanpa melakukan multitasking pun, Anda bisa saja sulit untuk fokus saat melakukan pekerjaan karena banyak distraksi. Untuk itu, sebisa mungkin Anda harus menghindari smartphone dan pilihlah suasana kerja yang nyaman dan tenang demi mengurangi berbagai gangguan yang memiliki potensi untuk mengalihkan perhatian Anda dari multitasking.

  1. Memanfaatkan Teknologi

Di zaman digital seperti sekarang, berkat kehadiran teknologi, Anda lebih dimudahkan dalam melakukan semua pekerjaan, termasuk multitasking. Hal ini bisa dibuktikan dengan Anda yang bisa melakukan pekerjaan dimanapun dan kapanpun. Misalnya, ketika berlibur di luar kota, Anda masih bisa berkomunikasi dengan rekan kerja melalui email atau WhatsApp.

Selain itu, masih banyak sekali kecanggihan teknologi yang bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mendukung pekerjaan yang sedang Anda lakukan.

  1. Melakukan Kegiatan Aktif dan Pasif Satu Persatu

Selanjutnya, Anda bisa melakukan multitasking dengan memilih satu kegiatan yang aktif dan satu kegiatan yang pasif. Sebagai contoh, saat Anda sedang dalam perjalanan pulang atau pergi ke kantor, Anda bisa sambil mendengarkan podcast. hal tersebut kemudian membuat waktu Anda tidak terbuang sia-sia karena hanya berdiam diri selama di perjalanan.

Jika Anda tertarik untuk melakukan multitasking maka Anda bisa mencoba untuk menerapkan beberapa tips dan trik di atas. Dengan menerapkan tips tersebut, maka bisa dipastikan bahwa Anda akan mendapatkan keuntungan yang maksimal dari multitasking.

Baca Juga:  Autisme: Kenali Sejak Dini

Check Also

Cara Move On dari Mantan

Cara Move On dari Mantan: 18 Tips

18 Cara Move On dari Mantan – Bagi beberapa orang, masa lalu termasuk salah satu …