gangguan depresi mayor

Gangguan Depresi Mayor: Informasi Lengkap

Gangguan Depresi Mayor – Mungkin banyak yang belum mengerti secara detail  apa pengertian dari kata ini , karena penyakit ini memang belum terlalu familiar. Tapi gangguan seperti ini juga banyak ditemukan pada beberapa orang, oleh karena itu perlu diketahui lebih dulu secara jelas apa dan bagaimana gangguan tersebut terjadi.

Pengertian

Jika Anda ingin mengetahui lebih mendetail, gangguan depresi mayor merupakan salah satu gangguan depresi yang paling sering didiagnosis. Yaitu, sebuah gangguan depresi yang terjadi karena sedih berlebihan dan bisa berlangsung selama 2 minggu dan bisa berpotensi mempengaruhi kualitas hidup yang mengalami. Oleh karena itu, jenis penyakit atau gangguan ini bisa dikatakan cukup serius.

Fakta Penting Gangguan Depresi

Untuk bisa memahami lebih jauh mengenai gangguan depresi mayor, pastinya Anda harus mengetahui beberapa fakta penting sebagai informasi pendukung. Diantaranya fakta tersebut di antaranya seperti:

  1. Memiliki Gejala Tertentu

Sebuah penyakit pastinya memiliki gejala yang bisa diidentifikasi, termasuk pada gangguan depresi seperti ini. Dimana gangguan yang bisa dilihat seperti perasaan sedih, nelangsa ataupun putus asa. Bahkan, kehilangan minat untuk melakukan apapun yang sebelumnya merupakan ketertarikannya dan hal ini bisa terjadi terus menerus.

Namun, gejala lainnya juga bisa terlihat bahwa si penderita bisa mudah tersinggung sepanjang hari dan bisa terjadi hampir setiap hari. Yang lebih parah lagi, ada juga gejala kesulitan tidur yang terjadi akibat gangguan pikiran yang terjadi.

  1. Penyebab Gangguan

Hal yang paling penting diketahui mengenai gangguan depresi mayor tersebut adalah penyebabnya. Yaitu, penyebabnya adalah kesedihan yang dialami akibat rasa kehilangan dan akhirnya berlanjut dalam kurun waktu yang cukup lama. Ada hal yang menarik yang bisa menjadi penyebab gangguan depresi ini, yaitu ciri kepribadian tertentu seperti rasa percaya diri yang terlalu rendah dan insecure.

Baca Juga:  Tanda-tanda Kamu Harus Segera ke Psikolog Terdekat Saat Ini Juga

Rasa trauma atau pernah mengalami kejadian tertentu yang membuat shock atau stress juga sangat mampu memicu terjadinya gangguan seperti depresi mayor ini. Sehingga, jangan pernah menganggap remeh trauma yang dialami oleh keluarga atau anak Anda agar tidak berlanjut menjadi depresi mayor.

  1. Pembagian Gangguan Depresi

Gangguan depresi seperti ini ternyata memiliki beberapa pembagian kecil, yaitu salah satunya adalah gangguan depresi tipikal yang termasuk dalam gangguan mayor tersebut. Gangguan depresi tipikal ini merupakan bentuk lain dari depresi mayor dalam bagian kecilnya.

  1. Perbedaan dengan Gangguan Lain

Selain gangguan depresi mayor ini, ada jenis gangguan depresi lainnya yang terlihat berbeda dengan gangguan yang satu ini. Yaitu gangguan  depresi tipikal yang sudah pernah dijelaskan sebelumnya. Sedikit perbedaannya dengan mayor disorder atau depresi mayor adalah

  1. melakukan Tes Depresi

Untuk lebih mengetahui apakah seseorang sudah mengalami gangguan depresi sejenis depresi mayor ini, maka perlu dilakukan sebuah tes depresi. Antara lain caranya adalah dengan melakukan konsultasi terlebih dulu pada psikiater atau psikolog agar bisa didiagnosis dengan tepat dan jelas.

Hal ini perlu dilakukan secara jelas, sehingga bisa ditindak lebih lanjut jika memang tes depresi ini menunjukkan gejala yang sudah mengarah pada gangguan ini. Yang bisa melakukan tes depresi tidak bisa sembarangan orang, hanya orang ahli dan berhubungan langsung dengan pengobatan serta pencegahan gangguan seperti ini.

  1. Cara Mengatasi

Setelah mengetahui fakta di atas yang merupakan petunjuk untuk mengetahui jenis sebuah gangguan depresi mayor, maka Anda harus mencari cara mengatasi atau solusi untuk menyembuhkan gangguan tersebut. Dimana cara mengatasinya atau penyembuhanya adalah melalui salah satunya penggunaan obat-obatan tertentu. Namun, obat-obatan tersebut biasanya bisa didapati dari pemeriksaan khusus.

Baca Juga:  Bahas Lengkap Dunia Trading, Salah Satunya Psikologi Trading

Adapun pemeriksaan tersebut bisa dilakukan oleh dokter ataupun ahlinya seperti psikiater. Selain mengkonsumsi obat yang sudah ditentukan, pengobatan lainnya adalah melalui terapi atau psikoterapi.

Itulah beberapa fakta yang bisa menjelaskan semua hal terkait gangguan depresi mayor ini. Adapun fakta-fakta tersebut sangat membantu Anda untuk bisa melakukan pencegahan terjadinya gangguan. Hal ini harus selalu dipantau melalui konsultasi rutin, agar pihak penderita bisa mengetahui lebih lanjut mengenai hasil pengobatannya.

Gangguan Depresi Tipikal

Seperti yang diketahui bahwa gangguan depresi tipikal merupakan bagian kecil dari gangguan depresi mayor, tapi memiliki gejala yang sedikit mirip antara keduanya. Namun, untuk cara mengatasi gangguan depresi seperti ini sedikit berbeda dalam hal penanganan. Tapi sebelumnya perlu dipelajari juga ada beberapa gejala yang sedikit berbeda dari gejala yang disebutkan di atas pada depresi tipikal ini, seperti mood membaik, peningkatan berat badan dan nafsu makan serta beberapa kondisi tertentu.

Kondisi yang bisa terjadi seperti hipersomnia, paralisis dan krisis gangguan interaksi. Dimana kondisi hipersomnia merupakan kondisi yang terjadi jika seseorang masih merasa mengantuk padahal kondisinya cukup tidur. Selain itu, paralisis adalah kondisi kelemahan pada tangan dan kaki Anda. Penyebab yang bisa menjadikan gangguan ini muncul adalah pengalaman traumatis, penggunaan alkohol dan obat-obatan terlarang, serta genetik dan diagnosa penyakit berat seperti HIV, stroke, kanker dan banyak jenis penyakit berat lainnya.

Fakta lainnya mengenai depresi tipikal ini adalah mengenai perawatan depresi ini bisa dilakukan layaknya gejala depresi mayor, yaitu melalui obat-obatan dan juga terapi khusus melalui para ahli seperti psikiater. Untuk obat-obatan bisa dibuat sebuah resep antidepresan seperti monoamine, oxidase inhibitor dan juga selective serotonin. Di samping mengkonsumsi obat-obatan harus didampingi terapi dan konsultasi rutin untuk mengetahui perkembangannya  Lakukan semuanya sesuai dengan tahapannya

Baca Juga:  Bullying dan Cara Mengatasinya

Check Also

Cara Move On dari Mantan

Cara Move On dari Mantan: 18 Tips

18 Cara Move On dari Mantan – Bagi beberapa orang, masa lalu termasuk salah satu …