Psikologi Trading

Bahas Lengkap Dunia Trading, Salah Satunya Psikologi Trading

Melakukan trading dalam bentuk apapun seperti saham memang sampai saat ini mulai banyak diminati oleh semua orang. Namun tahukah kalian jika menjadi trader tak bisa dibilang mudah. Diperlukan psikologi trading yang matang agar tidak mendapatkan kerugian.

Tentunya para trader hasus mengerti apa sebenarnya psikologi trading dan pentingnya ada faktor tersebut dalam melakukan proses trading. Artikel ini akan memberikan ulasan selengkapnya seputar hal tersebut. Simak ulasan yang ada di bawah ini.

Emosi yang wajib diwaspadai oleh Trader

Dalam mendapatkan keberhasilan dalam trading diperlukan beberapa aspek penentu. Selain sistem trading itu sendiri, ternyata ada yang namnya emosi trader. Dimana emosi ini berpengaruh sekali dalam keputusan yang diambil oleh trader.

Menariknya ada beberapa emosi trader yang memang harus diwaspadai ketika datang. Sebab tak semua emosi bisa memberikan keuntungan dalam trading lho. Ada yang memang bisa membuat kerugian atau stack dalam fase diam.

Nah agar kalian bisa lebih paham akan apa saja emosi yang wajib dihindari ketika melakukan trading. Berikut ini adalah penjelasan terkait dengan beberapa emosi yang memang harus tetap diperhatikan.

  1. Takut

Tak bisa dipungkiri jika rasa takut adalah sebuah kendala dasar yang dimiliki oleh trader. Bahkan bagi semua orang rasa takut dalam melakukan berbagai hal adalah kendala dasar yang selalu mengikat.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika rasa takut ini bisa berdampak terhadap trading yang dilakukan. Sebagai contohnya adalah ketika trader pemula sedang melakukan proses trading namun berujung loss.

Tentunya keadaan ini memang begitu susah untuk dihindari. Apalagi bagi mereka yang bermental lemah akan berpikiran untuk berhenti dari proses trading yang dilakukannya. Bahkan bisa juga lho seorang trader yang memiliki emosi sedikit labil tetap akan melakukan trading namun hasil yang didapatkan kembali menjadi exit atau loss.

Baik trader pemula atau trader lama tetap akan mengalami hal tersebut. Mereka yang sudah dalam masa fear akan memiliki kepercayaan diri rendah, down, cemas hingga panic ketika menghadapi sebuah market pada masa depan.

  1. Keserakahan

Jenis emosi paling umum berikutnya adalah seperti keserakahan. Bisa dibilang keserakahan ini berbentuk ketika seorang trader memiliki keinginan mendapatkan sebuah keuntungan dalam jumlah banyak namun tak memikirkan resiko yang akan terjadi.

Kebanyakan trader tanpa sadar telah melakukan peluang resiko kerugian yang lebih besar. Keadaan ini juga didukung dari kondisi keberuntungan yang terus-menerus mereka dapatkan.

Jadi mereka akan lebih memiliki rasa percaya diri ketika sudah bisa berhasil mendapatkan keuntungan dengan jumlah berkali-kali. Meski sudah terbiasa mendapatkan keuntungan secara berturut-turut bukan berarti akan terbebas dari resiko kerugian. Ciri-ciri dari trader yang memiliki kondisi keserakahan ini bisa ditandai dari keadaan rasa percaya diri tinggi sekali.

Sehingga mereka secara bebas melakukan entry atau exit tanpa adanya sebuah perencanaan. Padahal jika dilihat dari kondisi lapangan. Keadaan market akan terus berubah seiring berjalannya waktu. Dalam hitungan detik saja market bisa berubah.

  1. Harapan terlalu besar

Hampir sama dengan keserakahan, harapan terlalu besar juga bisa membuat trader mengalami titik rawan. Meski memiliki harapan terbilang suatu yang biasa saja dalam dunia trading. Namun jika dilakukan secara berlebihan memang tidak begitu baik.

Terkadang kita sebagai trader memang mengharapkan profit setiap kali akan melakukan transaksi. Namun selalu ingat juga jika tak semua harapan bisa berjalan dengan baik. Beberapa kondisi terkadang membuat harapan mendapatkan profit berubah menjadi loss.

Sebagai contohnya adalah ketika seorang trader mengalami kondisi keuntungan atau profit yang secara terus-menerus. Hal ini memang akan meningkatkan rasa percaya diri dari para trader. Alhasil trader akan mencoba menggeser stop loss. Nah mereka berharap jika akan mendapatkan sebuah kondisi yang selalu menguntungkan.

  1. Penyesalan

Terakhir ada rasa penyesalan yang akan dialami oleh trader. Seperti kata orang jika penyesalan selalu datang terakhir. Ya hal ini juga berlaku bagi dunia trading. Akan ada waktunya keadaan berada di bawah atau mengalami kerugian.

Baca Juga:  Trust Issue: Ciri-Ciri, Penyebab, dan Cara Mengatasinya!

Kebanyakan penyesalan akan terasa jika kerugian yang didapatkan terbilang cukup besar. Meski terbilang penyesalan adalah hal yang biasa. Namun berbeda cerita ketika penyesalan yang dirasakan selalu berlarut-larut lamanya.

Kondisi penyesalan berlebihan perlahan akan membuat seorang trader akan menjadi mengalami rasa takut. Bahkan tak bisa dipungkiri jika kondisi takut tersebut mampu membuat seorang trader tiba-tiba berhenti untuk trading.

Dilihat dari keempat penjelasan emosi trader tersebut, tentunya memahami jenis emosi adalah hal yang perlu sekali dilakukan oleh para trader. Baik pemula maupun trader yang sudah berpengalaman pun akan membutuhkan penguasaan emosi yang stabil.

Cara melatih psikologi trading

Ketika kalian sudah mengetahui apa saja yang masuk ke dalam emosi trader. Tahap berikutnya adalah memahami bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk melatih psikologi dalam dunia trading. Penting sekali bagi para trader untuk mengetahui cara melatih ini.

Agar kalian juga bisa lebih cepat memahami apa saja sih sebenarnya yang dibutuhkan dalam proses melatih psikologi dunia trading. Berikut adalah penjelasan selengkapnya cara termudah dalam melakukan psikologi trading.

  1. Membuat sebuah target realistis

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk berlatih adalah membuat sebuah target yang tepat. Artinya kalian harus mengetahui apa tujuan atau keuntungan yang akan didapatkan ketika akan melakukan sebuah trading.

Hal ini bisa didasari dari prose analisis kondisi pasar terkini. Tak hanya itu saja kecerdikan dalam menentukan bid dan close juga diperlukan ketika menentukan sebuah target. Jika memang semua sudah sesuai dengan apa yang diinginkan. Barulah kalian bisa mulai untuk melakukan prioses trading.

  1. Pengaturan manajemen resiko

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin emosi trader sebelumnya. Jika resiko selalu ada dalam dunia trading. Bahkan bagi trader yang sudah masuk kedalam golongan pun bisa terkena resiko kerugian besar lho.

Maka dari itu diperlukan sebuah manajemen resiko agar bisa lebih aman ketika melakukan proses trading. Dengan melakukan pengaturan manajemen resiko diharapkan bisa meminimalisir terjadinya sebuah kerugian modal yang cukup besar nantinya.

  1. Adanya perasaan tenang

Ketenangan menjadi modal awal sebenarnya dalam proses trading. Sebab ketidak tenangan seperti terlalu gembira, takut hingga keserakahan biasanya juga diawali dari rasa tidak tenang. Tentunya dari rasa tidak tenang tersebut bisa membuat resiko sebuah kondisi kerugian lho.

Maka dari itu penting sekali mendapatkan ketenangan ketika melakukan proses trading. Kalian bisa mulai dari melatih trading secara disiplin. Lalu ketika membuat sebuah keputusan tidak didasarkan dari emosi sesaat seperti kegembiraan yang berlebih. Dengan begitu trading yang kalian lakukan tebilang bisa lebih aman.

Gunakan tiga cara berlatih psikologi dunia trading tersebut agar kalian lebih mahir dalam menjadi trading.

Kesalahan yang sering dilakukan trader

Agar lebih lengkap tak ada salahnya lho jika kalian juga mengetahui apa saja sih sebenarnya kesalahan yang sering dilakukan oleh trader ketika melakukan proses trading. Mulai dari kesalahan ringan hingga terbilang beresiko akan kita pelajari bersama pada poin ini.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh para trader ketika melakukan sebuah trading.

  1. Rendah diri atau merasa kurang pengetahuan

Memang betul mengetahui semua hal tentang trading adalah salah satu hal perlu ketahui. Karena adanya hal tersebut kamu merasa harus selalu belajar kemanapun untuk proses trading.

Hal ini tak bisa disalahkan begitu saja, akan tetapi belajar tentang trading bukanlah hal penentu sebagai keberhasilan. Adanya psikologi dunia trading akan membuat kalian lebih mudah dalam mengontrol emosi. Seperti ketika melakukan pengambilan keputusan terkait dengan bid.

Tapi jika dilihat dari kasus di lapangan, banyak orang lebih mementingkan belajar secara terus menerus tanpa mengetahui cara untuk mengontrol sebuah emosi dalam trading. Harusnya dua faktor seperti belajar dalam pengetahuan dan belajar dalam mengontrol emosi juga perlu dilakukan oleh seorang trader.

  1. Memiliki stigma trading harus modal besar

Banyak orang berfikir jika trading hanya bisa dilakukan dengan modal besar. Padahal tak selamanya hal tersebut berlaku. Bahkan sering juga orang berfikir jika modal besar yang diiringi dengan bid besar akan mendapatkan keuntungan besar.

Padahal jika ada sebuah kerugian pada bagian bid bisa diperbaiki pada bid selanjutnya. Yang terpenting dalam proses trading sebenarnya adalah sebuah kondisi seorang trader yang bisa dengan baik melakukan proses transaksi.

  1. Menggunakan robot

Tak bisa dipungkiri jika kemajuan zaman juga bisa memberikan dampak yang begitu signifikan terhadap dunia trading. Salah satunya adanya sistem trading dengan metode robot. Bahkan  beberapa jasa trading juga menawarkan hal serupa.

Baca Juga:  Psikologi Kepribadian Mempelajari Apa?

Banyak yang bilang jika dengan sistem robot bisa memberikan peluang lebih besar karena adanya keakuratan yang ditawarkan.

Namun kalian juga perlu ingat jika dalam dunia trading yang perlu ada diri kalian sendiri untuk melakukan analisa pasar. Dengan melakukan analisa pasar, kalian bisa tetap memiliki keberanian mengambil langkah keputusan. Selain itu kalian juga lebih bisa mengetahui bagaimana harus berhenti dan bagaimana kalian harus melangkah.

Tiga keasalah tersebut bisa dibilang memang masih sering dilakukan oleh para trader. Baik trader awal maupun trader berpengalaman dan tetap pernah melakukan kesalahan tersebut. Maka dari itu belajar dari pengalaman tersebut adalah pilihan terbaik.

Keuntungan melakukan trading

Dalam dunia yang serba canggih ternyata trading makin diminati. Beberapa orang menjadikan trading sebagai sampingan. Namun ada yang memang berfokus terhadap trading secara keseluruhan. Itu artinya trading memang benar-benar bisa memberikan banyak keuntungan.

Tak perlu khawatir jika kalian belum tahu apa saja sebenarnya keuntungan yang didapatkan dari trading tersebut. Sebab kalian bisa membaca selengkapnya keuntungan yang didapatkan dari berkecimpung di dunia trading pada penjelasan di bawah ini.

  1. Bisa dimanapun

Trading tak bisa jauh dari yang namanya koneksi internet. Maka dari itu bisa diasumsikan melakukan proses trading bisa dilakukan dimana saja. Jika dulu memerlukan sebuah perangkat komputer.

Berbeda dengan saat ini yang sudah semakin maju. Pasalnya saat ini kalian bisa dengan mudah melakukan trading dengan bantuan ponsel. Namun harus ada sebuah dukungan koneksi internet dan aplikasi trading yang kalian gunakan.

Tentunya ini melakukan trading dimanapun kalian berada adalah salah satu kemajuan dari teknologi sekaligus dunia bisnis.

  1. Biaya rendah

Sebelumnya juga sudah dijelaskan jika trading tak selamanya tentang modal besar. Kalian juga bisa melakukan trading dengan jumlah kecil. Sebab dalam dunia trading kalianlah yang memiliki kondisi pemegang kendali terhadap proses transaksi.

Tak ada keharusan yang menunjukkan jika kalian harus melakukan trading dengan modal besar. Begitupun sebaliknya, kalian juga tidak memiliki keharusan untuk melakukan sebuah proses trading dengan jumlah dana kecil.

Bahkan kalian hanya perlu membayar biaya sekuritas dan itu tidak terbilang besar sama sekali. Dalam dunia trading kalian juga memiliki kendali penuh terhadap penggunaan jasa pialang. Jasa ini memang kerap digunakan beberapa trader. Namun untuk biaya juga terbilang cukup besar tergantung dari pihak jasa yang digunakan.

  1. Adanya fitur auto trading

Saat ini banyak sekali lho aplikasi trading yang menawarkan berbagai macam kelebihan seperti fitur unggulan yang dimilikinya. Menariknya setiap fitur yang diberikan terkadang akan memberikan keuntungan dan kemudahan kepada para pengguna.

Salah satu fitur yang bisa mempermudah kalian dalam proses trading adalah seperti fitur auto trading. Fitur ini begitu menguntungkan jika digunakan. Kalian hanya perlu melakukan pengaturan harga beli dan jual. Secara otomatis jika kalian mengaktifkan fitur tersebut, maka akan proses trading akan bekerja dengan sendirinya.

  1. Pekerjaan sampingan

Sebelumnya juga sudah dijelaskan jika trading juga bisa dijadikan pekerjaan sampingan ataupun pokok. Keuntungan yang cukup menggiurkan membuat banyak orang lebih mudah untuk mengikuti trend menggunakan trading.

Menariknya kalian bisa melakukan trading kapanpun kalian mau. Kalian bisa melakukan trading pada waktu sela-sela kerja. Hal ini dikarenakan pasar forex selalu berjalan 24 jam. Dengan begitu tak ada alasan lagi kalian tak punya waktu untuk melakukan trading. Baik waktu dan tempat selalu fleksibel dalam melakukan trading.

  1. Penghasilan tambahan

Jika kalian menggunakan trading sebagai pekerjaan sampingan. Selamat kalian akan mendapatkan dana penghasilan tambahan. Menarik bukan jika kalian mendapatkan rejeki dari dua sumur sekaligus.

Akan tetapi kalian juga perlu tahu berkecimpung dalam dunia trading juga memiliki resiko. Bak dua sisi koin, trading memiliki sisi keuntungan dan sisi kerugian. Masing-masing bisa dipelajari agar bisa mendapatkan keuntungan sekaligus menghindari kerugian.

  1. Melakukan latihan

Pada awalnya memang sangat wajar untuk memulai sebuah trading. Namun sebenarnya ada salah satu fitur yang ditawarkan beberapa aplikasi trading, tentunya bisa dengan mudah membuat kalian belajar trading tanpa resiko besar.

Baca Juga:  Mati Rasa: Penyebab Dan Cara Mengatasi

Kalian bisa menggunakan akun demo demo dalam proses pembelajaran trading. Menariknya akun demo ini terbilang banyak yang menyediakan secara gratis. Jika memang ada aplikasi yang menyediakan akun demo. Coba saja fitur tersebut agar lebih mudah dalam melakukan pembelajaran trading.

  1. Bisa dengan modal terbatas

Bicara tentang modal memang begitu menarik sih. Banyak orang berpikir modal trading itu besar. Padahal kebutuhan untuk modal trading itu sendiri merupakan sebuah keputusan masing-masing individu.

Tak ada keharusan kalian melakukan trading dengan jumlah nominal tertentu. Semua keputusan ada ditangan pihak yang bersangkutan. Tentunya keuntungan juga akan sesuai dengan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh para trader.

Keuntungan tersebut bisa kalian dapatkan ketika berkecimpung dalam dunia trading. Jika dari semua keuntungan tersebut bisa kalian rasakan. Tentunya bermain dalam dunia trading memanglah satu hal yang begitu menyenangkan meski ada resiko yang ditempuh.

Tips trading bagi trader pemula

Sebelum menjadi trader pengalaman tentunya berawal dari trader pemula. Tak hanya dalam bidang trading. Dalam bidang apapun sebelum menjadi seorang yang kompeten juga berawal dari segi pemula terlebih dahulu.

Dari pemula ini kalian bisa belajar bagaimana mengatasi kesalahan, mengambil keputusan hingga hal lainnya. Nah sebagai seorang trader pemula kalian juga bisa lho menerapkan beberapa tips seperti yang ada di bawah ini agar lebih mudah paham dalam menjalankan trading.

  1. Pengetahuan trading

Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah memiliki ilmu pengetahuan. Baik dalam pengetahuan seputar trading maupun seputar emosi trader. Keduanya penting sekali lho jika dilihat lebih dalam.

Pengetahuan akan trading akan mempermudah kalian melakukan analisis proses trading. Sedangkan pengetahuan akan emosi trader akan lebih mempermudah kalian ketika akan melakukan pengambilan keputus.

Emosi trader juga bisa dibilang sebagai salah satu metode psikologi dunia trader. Bisa mengatasi pengambilan keputusan yang penuh keraguan dan ketakutan. Bahkan mengurangi resiko terjadinya kerugian juga bisa dilakukan dengan bantuan pengetahuan dunia trading dan emosi trader.

  1. Masuk dalam instrumen tepat

Dalam dunia trading itu ada banyak instrument. Setiap instrument memiliki tingkatan masing-masing. Menariknya kalian bisa trading sesuai dengan instrumen yang telah kalian mengerti. Kalian bisa mulai dari saham dulu.

Setelah itu bisa berlanjut ke forex, jika sudah merasa benar maka bisa beralih ke emas dan index. Setiap instrument bisa memberikan kalian pemahaman yang lebih matang akan dunia trading.

  1. Gunakan broker tepat

Tak ada salahnya menggunakan jasa broker, sebab memang tak bisa dipungkiri dengan jasa broker juga akan semakin mudah dalam tahap trading. Akan tetapi tak semua broker mampu memberikan kualitas terbaiknya.

Banyak yang mengaku broker handal namun sebenarnya mereka tak kompeten dalam bidangnya. Dalam hal ini kalian akan merasa sangat dirugikan. Maka dari itu mulailah cek dari tahap legalitas, fasilitas, fitur dan hal penting lainya.

  1. Mulai dari dana kecil

Memang benar modal yang digunakan untuk trading adalah murni keputusan trader itu sendiri. Namun jika masih dalam tahap pemula sebaiknya gunakan modal dalam jumlah terbatas terlebih dahulu.

Jika mengalami kerugian pun akan terbilang lebih mudah untuk bisa meminimalisir kerugian besar. Jika memang sudah merasa bisa dari modal kecil, kalian bisa dengan mudah untuk memperbesar modal secara bertahap.

  1. Realistis

Realistis juga masuk ke dalam emosi trader. Sebaiknya dalam proses trading kalian selalu bisa untuk lebih bersikap realistis. Tak semua bisa berjalan dengan cepat seperti keuntungan kecuali kalian memang beruntung mampu mendapatkan keuntungan besar.

Diperlukan pembelajaran, analisis, pengalaman bahkan kegagalan sekalipun untuk mencapai keuntungan besar dalam dunia trading. Maka dari itu modal kecil bisa dijadikan sebuah opsi terbaik ketika mengawali trading pemula.

  1. Disiplin

Disiplin juga menjadi salah satu kunci sukses dalam dunia trading. Akan tetapi tak banyak orang yang memiliki kedisiplinan dalam trading. Kebanyakan dari mereka merasa gagal dan berhenti dari dunia trading.

Padahal dari kegagalan dan berani mencoba lagi dan lagi juga masuk ke dalam fase disiplin. Kelak semua akan terjawab ketika kalian selalu disiplin trading.

Dengan menggunakan pemahaman seputar psikologi trading hingga keuntungan trading seperti penjelasan di atas. Tentunya kalian bisa dengan mudah untuk berkecimpung dalam dunia trading.

 

Check Also

Cara Move On dari Mantan

Cara Move On dari Mantan: 18 Tips

18 Cara Move On dari Mantan – Bagi beberapa orang, masa lalu termasuk salah satu …